Home

Minggu, 01 Juli 2018

Ungkapan Seorang Bhayangkara

SELAMAT HARI BHAYANGKARA KE 72

INSAN BHAYANGKARA.

Dengan rumus apapun, sampai kapanpun, dalam masyarakat yang rendah kesadaran hukumnya; polisi pasti akan ada yang membenci, ulang pasti akan ada yg membenci Polisi pasti ada yang memusuhi ulang pasti ada yang memusuhi.

Mengapa demikian ???

Karena Polisi tugasnya adalah pemutus awal dari perbedaan kepentingan. Polisi selalu dalam dilema perbedaan kepentingan dalam kehidupan bermasyarakat.

Perbedaan kepentingan antara siapa dengan siapa ???

Perbedaan kepentingan antara manusia yang dalam sejarahnya sudah lahir dengan kepentingan yang berbeda.

Ketika perbedaan kepentingan itu harus diatur dalam kehidupan, maka perlu ada aturan. Ketikan aturan masih dilanggar maka harus ada yang menegakkan. Dan ketika aturan ditegakkan, maka tidak ada satupun orang yang suka utuk ditindak apalagi dihukum sesuai aturan yang dilanggarnya.

Ketika orang tidak suka ditindak dan dihukum, maka berbagai upaya akan dilakukan. Melawan secara langsung adalah pilihan pertama. Pilihan berikutnya; segala kekuatan dalam dan luar dirinya akan dikerahkan.. Akibatnya; polisi sebagai representasi negara harus juga melawan karena kalau tidak melawan, maka negara dianggap gagal atau tidak becus.

Kita bedakan dengan petugas lainnya seperti :
1. petugas pemadam yg hanya berhadapan dg api saja punya resiko terbakar.

2. petugas kebersihan yg hanya berhadapan dg sampah saja punya resiko kotor.

3. petugas PLN yang berhadapan dg aliran listrik punya resiko tersetrum.

4. petugas pertolongan laut yang berhadapan dengan air punya resiko tenggelam.

Maka beda halnya; Polisi yang tiap hari berhadapan dengan orang bermasalah; sudah pasti akan punya resiko bermasalah dengan orang bermasalah, Sudah pasti punya resiko lebih besar karena yang dihadapi adalah orang bermasalah yang punya akal dan otak bermasalah.

Hiduplah selalu jadi polisi yang ikhlas. Karena kita tidak pernah tau siapa yang benar benar tulus dengan Polisi, Seperti sebuah ungkapan menarik; LINDUNGI DIRIMU SENDIRI KARENA KITA TIDAK TAU SIAPA YANG BISA MELINDUNGI KITA.

Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa melindungi kita Semua Prajurit Bhayangkara.. Amin YRA.

Selamat HUT Bhayangkara POLRI 1 Juli 2018.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar