Home

Rabu, 26 Januari 2011

Cara Praktis Mengembangkan Otak Anak Anda.....



Otak menentukan niat, pikir, emosi dan laku kita. Apa yang kita pikir rasa dan putuskan merupakan hasil kerja miliaran sel otak, jutaan rangkaian kabel dan terminal-terminal listrik yang menyusunnya.

Tidaklah berlebihan apabila ada yang beranggapan bahwa nasib dunia juga ditentukan oleh tabiat otak orang-orang yang berkuasa. Jika kerja otak penguasa kacau atau rancu, maka ia bisa salah dalam mengambil keputusan penting. Perilaku menyimpang, keprinadian ganda, paranoia, sifat agresif dan gangguan jiwa berhuku pada otak yang gagap.

Sakit jiwa atau hilang ingatan bukanlah peristiwa abstrak sebagaimana dahulu orang lazim mempersepsikannya terhadap konsep jiwa. Gangguan jiwa merupakan manifestasi gangguan neuron atau sel otak yang wujud dan kerjanya kelihatan dan terukur. Jika oleh suatu sebab kerja sel otak terganggu, orang biasa berhalusinasi, berdelusi (salah menilai diri), merasa
depresi, cemas, rancu baik proses, arus, maupu alur pikirannya, serta muncul beberapa keabnormalan lainnya.

Otak yang rusak juga menggangu kepribadian. Kepribadian orang pasca stroke bisa berubah, sebagaimana terjadi pada kebanyakan petinju yang sering mengalami gangguan kepribadian menahun (‘Punch drunk’); bukti lain bahwa kepribadian bukan sesuatu yang abstrak.

Mengembangkan otak anak sangat penting. Hal ini disebabkan pertumbuhan dan perkembangan otak paling pesat terjadi pada usia anak-anak. Bahkan ada yang mengatakan bahwa pertumbuhan otak hanya terjadi sampai anak berumur 2-3 tahun. Ada pula yang mengatakan bahwa otak anak berumur 2 tahun sudah mencapai 70% pertumbuhan otak orang dewasa, pertumbuhan 90% dicapai pada anak berumur 6 tahun Semua hal di atas akan  menyadarkan kita, bahwa memang sudah selayaknya kita memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan otak anak anak kita.

Semoga sedikit saran ini memberikan banyak manfaat untuk Anda dan bisa memberikan andil dalam mencerdaskan anak Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar